Sejarah Pergerakan Indonesia di Bandung: Monolog Inggit & Soekarno

Monolog Inggit & Soekarno - Edu Global School

Monolog Inggit & Soekarno – Edu Global School

Pada tanggal 15 September 2015, Komunitas Api Bandung diundang oleh Edu Global School untuk berbicara mengenai sejarah pergerakan Indonesia di Bandung. Edu Global School mengadakan acara ini sebagai pengayaan pelajaran sejarah sekaligus menambah pengetahuan siswa yang sebelumnya ditugaskan untuk mempelajarinya dengan cara wawancara pada narasumber terkait. Oleh karena itu, Api Bandung berupaya menampilkan dan menceritakan sejarah pergerakan Indonesia di Bandung dengan cara yang berbeda.

Api Bandung menceritakan sejarah pergerakan Indonesia dengan menggunakan seni, yaitu teater. Dengan ditampilkan menggunakan Monolog Inggit, Lely Mei mengisahkan sejarah pergerakan Indonesia di Bandung dari sudut pandang Inggit Garnasih. Selain itu juga, ditampilkan pula beberapa petikan pidato Soekarno yang dibacakan oleh Pramukti. Dengan begitu, siswa tidak hanya mempelajari sejarah pergerakan Indonesia dari satu sudut pandang, tetapi juga dapat mengimajinasikan dan merasakan emosi yang dialami oleh Inggit Garnasih selama berkecimpung dalam pergerakan Indonesia.

Kliping Inilah Koran

Kliping Inilah Koran

Bagi Api Bandung sendiri, penyampaian sejarah melalui seni merupakan salah satu cara dalam membalut sejarah menjadi sebuah kisah yang tidak membosankan. Selain itu juga, penyampaian sejarah melalui seni merupakan media pendidikan yang baik untuk disampaikan kepada siswa. Pembentukan karakter, utamanya dalam menemukan jati diri bangsa, salah satu jalannya adalah melalui sejarah dan seni budaya. Oleh karena itu, monolog dan teater menjadi produk unggulan Api Bandung dalam menggali dan mendistribusikan Semangat Bandung.

Agar lebih terbayang mengenai keseruan selama kegiatan ini, kami tampilkan beberapa video yang kami unggah sebagai bagian dari dokumentasi. Selamat menyaksikan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s