Tentang Kami

Konperensi Asia-Afrika 1955 (KAA 1955) telah menorehkan jejak sejarah yang besar bagi Indonesia, khususnya bagi Kota Bandung. Yang ditinggalkan oleh KAA 1955 tidak hanya sebuah kebanggaan, prestasi, atau artefak-artefak berupa gedung atau tugu-tugu. Nilai-nilai perjuangan yang dibawa oleh KAA 1955 juga merupakan peninggalan berharga yang dapat disebarkan dan digali oleh masyarakat.

Nilai-nilai ini tercakup secara keseluruhan di dalam komunike akhir KAA 1955, khususnya dalam sepuluh poin dalam Dasasila Bandung. Nilai-nilai inilah yang kemudian oleh Roeslan Abdulgani[i], sebagai Spirit Bandung atau Semangat Bandung. Jika disarikan menjadi beberapa poin, Semangat Bandung terdiri atas 4 nilai: niat baik, egaliter, kerja sama, dan perdamaian.

Api Bandung adalah sebuah komunitas yang bergerak memaknai peristiwa Konperensi Asia-Afrika 1955 dan mendistribusikan Semangat Bandung ke dalam setiap aktivitas berkegiatan di masyarakat dan ruang-ruang publik. Api Bandung mencoba mendistribusikan Semangat Bandung itu dalam berbagai bentuk, produk, dan kegiatan.


 

[i] Beliau adalah Sekretaris Jenderal KAA 1955 dan menulis buku The Bandung Connection yang menceritakan peristiwa penyelenggaraan konferensi besar tersebut.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s